Selasa, 17 Mei 2011

Keadaan  geografis indonesia
Keadaan wilayah  (geografis) dan penduduk (demografis) indonesia sebagai negara terbesar diasia tenggara merupakan negara kepulauan (maritim) dimana  kurang lebih  65% terdiri atas perairan dan 35% adalah daratan.Daratan terdiri atas 17.508 pulau maupun gugusan pulau-pulau kecil dan besar yang seluruhnya kurang lebih 2.028.087 Km2.kepulauan indonesia menyebrang sebelah khatulistiwa,dengan ketentuan:
  1. Panjang wilayah mencakup 1/8 khatulistiwa.
  2.  Jarak terjauh utara &selatan 1.888 Km & jarak terjauh barat &timur 5.110 km.
  3. Terletak diantara 06 derajat 08’lintang utara,11 derajat 15’lintang selatan dan diantara 94 derajat  45’-141 derajat 05’bujur timur.
  4. Jumlah luas keseluruhan pulau  penting 1.849.731 Km2.
  5. Luas pulau 2/3 dari seluruh wilayah.
  6.  Persebaran penduduk tidak merata,ada yang sangat padat (jawa,madura dan bali & ada juga yang jarang sekali (irian & jaya).

Bagian barat daratan lebih menonjol  sedangkan bagian timur lautan lebih dominan, Indonesia mempunyai kekayaan alam yang efektif maupun potensial terutama bahan-bahan vital dan strategis diantaranya adalah minyak bumi,timah,bauskit,besi,mangaan dan batubara.
Indonesia sebagai negara kepulauan karen terletak diantara dua benua (asia dan australia) dan dua samudra( indonesia dan fasifik) sehingga disebut nusantara, nusa antara dua benua dan dua samudra.Kepulauan indonesia dengan perairannya dipandang sebagai satu kesatuan sehingga disebut tanah air.istilah “tanah air” berarti bangsa indonesia tidak pernah memisahkan  tanah dan air (daratan dan lautan) daratan dianggap sebagai  penghubung.
Kepulauan indonesai yang disebut nusantara jika diperhatikan:
  •   Sebelah utara dan selatan terdapat benua-benua.
  •   Sebelah barat dan timur terdapat samudera-samudera

Jadi,kedudukan indonesia berada pada posisi silang berada pada percaturan lalu lintas kehidupan dunia
Sumber:www.wattpad.com/696794-keadaan-geografis-indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar